Unissula Kenalkan Mobil H-Molex

SEMARANG - Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), Semarang, memperkenalkan mobil H-Molex (Hybrid Mobile Electric) kepada masyarakat.

Mobil hybrid ini juga mendapatkan penghargaan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) sebagai mobil listrik pertama yang memanfaatkan tiga sumber energi, yakni matahari, gas, dan bensin premium. Penghargaan Rekor Muri diserahkan kepada Unnisula sebagai penggagas sekaligus pembuat mobil hybrid. Penghargaan juga diberikan kepada Kadin Jateng sebagai pendukung produksi, dan Gubernur Jateng Bibit Waluyo sebagai pendukung program.

Pada kesempatan itu, Bibit Waluyo mencoba langsung mobil H-Molex mengelilingi halaman kantor Gubernur. Setelah itu, mobil H-Molex diperkenalkan kepada warga Kota Semarang dengan berkeliling kota.  "Ide harus terus disempurnakan sehingga menjadi bagian dari kemajuan Jawa Tengah," kata gubernur.

Wakil Rektor II Unissula Gunarto berkata, Mobil HMolex dirancang oleh mahasiswa dan dosen FTI selama kurang lebih enam bulan. "Baterainya bisa bertahan selama empat jam. Ketika habis bisa diganti dengan gas. Kalau gas habis bisa diganti dengan bensin premium," tuturnya.

Unissula Semarang sendiri akan terus mengembangkan inovasi dan kreasi mobil hybrid untuk menuju kesempurnaan. (andik sismanto/koran si)(//rfa)
 
sumber : okezone